Sabtu, 24 Juli 2010

PKPPK PERLU DI RUWAT

Benarkah PKPPK  itu unit buangan? Tak bolak balik pertanyaan ini , tak cari jawabanya. Mungkin....yah mungkin jawabanya..coba ada kah personil dari PKPPK yang jadi manager operasi?  Seribu satu atau mungkin malah tidak ada..kena apa dan mengapa? Padahal semboyan exstrim PKPPK adalah”Ku Pertaruhkan Jiwa Dan Raga Demi Keselamatan Orang Lain” artinya “NYAWA TARUHANNYA” 
Kena  apa dan mengapa?  Yah mungkin kita sebagai orang PKPPK sendiri yang tidak mau berjuang untuk PKPPK.  Padahal  “keselamatan Penerbangan” adalah harga tinggi dari sebuah usaha kebandarudaraan.  Kita terlalu memposisikan diri kita sendiri sebagai unit yang kerdil. Contoh..untuk menjadi seorang  KORU kendaraan aja, kita harus punya  sertifikasi Senior. Padahal  basic, junior, senior, belum tentu tiap tahun ada diklat, kadang  basic ke junior aja 10 tahun, junior ke senior 10 tahun. Yah..jadi koru 5 tahun lalu pensiun.  Padahal kalau di unit lain, TU, atau komersial, diklat 2 minggu langsung naik pangkat.  Kenaapa pkppk terlalu lama mengadakan diklat, apa karena biaya...biaya mahal? Biaya mahal dibikin sendiri kok,..apa tho yang dicari dengan diklat pkppk 3 bulan?  Biar biaya mahal? Coba kalau PKPPK basic  2 minggu :  Mempelajari  pkppk, pertolongan pemadaman , dan api.  lalu yunior 2 minggu mengenai menejerial.   Senior 2 minggu mengenai  manageman dan kepemimpinan., udah murah di biaya ,dan  Saya yakin.. personil pkppk ada yang jadi direktur operasi. Saya tidak menyepelekan ilmu pkppk.. tapi ilmu pkppk bisa di latih dari terining dll.atau aplikasi di lapangan,  contoh lagi.. apa seorang meneger operasi harus lulusan curug. Jawabku dengan lantang TIDAK. Buktinya bandara Ayani semarang. Satu tahun tanpa manager operasi  jalan, aman, tertip dan terkendali..
Lalu masalahnya,, siapa yang akan memikirkan pkppk . apa karena nama pemadam kebakaran ya.. coba diganti,..unit KESELAMATAN PENERBANGAN saja, mungkin akan membawa hoki. Bahkan sementara ini keberadaan pkppk itu seperti ada ngak ada sama saja.(rasanya  lho)....cobalah orang orang pkppk yang sudah di beri kewenangan pengambil kebijaksanaan pkppk  agak gencarlah memperjuangkan dan mau mengangkat derajat pkppk.( tanpa pamrih lah) , Kurikulum di benahi  jangan Cuma belajar api saja, diklat ngak usah lama lama,  Makan banyak biaya, efeknya ngak di setujui direksi, dan malah menghambat  jenjang karer pkppk. 

5 komentar:

Anonim mengatakan...

just info..
1.Manager Operasi Bandara UPG(Makassar) alumni PKP-PK
2.ASDEP Jaminan Kualitas SDM & Fasilitas PKP-PK juga alumni PKP-PK

aris_pkppk.semarang mengatakan...

tepat sekali cuma 2 orang, cuma 2 orang ,itupun ngak dari besic,yunior, senior, koru, koja. kebanyakan dapat S1. langsung pindah kantor pusat trus berkibar.....coba kalau alumni komersial, personalia, adc,app, ngak kehitung,..mantan GM bali. pak DOdi. beliau alumni pkppk sebentar, sekolah ATC. baru melejit. kalau andalke pkppk aja woww jauuuh...

Unknown mengatakan...

Ndak usah pesimis seperti itu Maz..., yang penting gmna caranya bisa mengangkat derajat PKP-PK tidak d pandang sebelah mata oleh unit lain, yaitu dg membuktikan bahwa SDM PKP-pK tidak kalah, walaupun dengan cara instan, tetapi hal yang utama hrs d ingat apabila telah menjabat tdak seperti "kacang yg lupa pd kulitnya". Jd walaupun telah mndptkn jabatan tertentu d perusahaan tetap ingat asal usulnya serta menjaga citra & derajat unit PKP-PK dan berusaha memperjuangknnya, mudah2aN dg sprti ini k depannya akan byk alumni2 PKP-PK yg dpt brbicara byk d perusahaan. Dan tdk lupa juga k depannya utk membuat suatu wadah/organisasi yg brskala nasional yg dpt menaungi serta menampung sgala aspirasi personel PKP-PK yg dpt d jadikn standard acuan baku yg brlaku secara nasional seperti yg sudah dlakukan oleh rekan2 qta d ATC & teknik. Ingat!!!! salah satu faktor keberhasilan dr operasi PKP-PK adalah TEAMWORK, tanpa itu...apabila qta bekerja/berjuang secara individual, Nonsense semua itu akan berhasil....akhir kata sya ucapkn selamat berjuang rekan2ku...BRAVO PKP-PK!!!! (RYE_PRAZT-PKP_PK Halim)

aris_pkppk.semarang mengatakan...

sepertinya itu udah di gembor gemborkan tapi.. hanya lewat saja...
ngak tahulah nunggu siapa lagi...

aris_pkppk.semarang mengatakan...

sepertinya itu udah di gembor gemborkan tapi.. hanya lewat saja...
ngak tahulah nunggu siapa lagi...